Masih banyak yang bertanya-tanya kenapa mobil yang jarang digunakan tetap harus ganti oli, padahal kilometer mobil masih rendah.

Meski mobil jarang digunakan oli harus tetap di ganti lho. Mobil yang jarang di gunakan justru dapat membuat oli mesin menjadi mengendap di bak oli, sebaliknya oli harus rutin bersirkulasi di dalam mesin.

Masalahnya masih banyak orang yang menjadikan kilometer sebagai patokan untuk ganti oli mesin. Padahal mobil yang jarang digunakan bukan berarti tidak ada masalah,salah satunya untuk ganti oli

Oli Mesin Dapat Ter Oksidasi

Walaupun mobil tidak digunakan, mobil tetap harus di nyalakan setiap harinya agar terjadi pergesekan di dalam mesin, karena jika mobil dibiarkan diam terlalu lama oli mesin dapat terjadi proses oksidasi dari uap air yang berada di sekitar mobil.

Jika di diamkan terlalu lama, air tersebut dapat tercampur dengan oli mesin yang dapat merusak kandungan dalam oli mesin. Jika terjadi hal demikian mesin dapat menjadi karat dan oli mesin tidak akan bekerja dengan optimal.

Karena tugas oli mesin adalah menjaga mesin dari gesekan, tentu kekentalan dan zat adiktifnya harus ada dan optimal. Lebih parahnya oli dapat menjadi asam karena tercampur dengan air, oli mesin yang sebelumnya memiliki anti korosi kini menjadi turun tingkat perlindungannya.

Sangat Penting Memperhatikan Kondisi Oli Mesin

Selain memperhatikan kondisi oli mesin saat kendaraan jarang digunakan, ada baiknya juga kita memperhatikan volume oli mesin tersebut, jika volume oli mesin kurang dapat mengakibatkan pergesekan mesin yang dapat membuat mesin cepat rusak.

Ada beberapa faktor penyebab oli mesin berkurang, bisa karena bocor untuk mobil lama, ada juga karena komponen mesin yang sudah harus di ganti tetapi tidak di ganti yang dapat menyebabkan mesin kurang presisi sehingga oli mesin masuk kedalam pembakaran dan ikut terbakar.

Jika volume oli mesin yang sudah berkurang, dapat di tambahkan tetapi ada beberapa yang harus di perhatikan saat akan menambahkan oli mesin, jenis oli mesin yang di tambahkan harus sama dengan jenis oli mesin yang digunakan.

Jika oli mesin tidak cocok bisa terpisah kemudian akan membentuk endapan yang dapat merusak mesin kendaraan.

Baca Juga : Keren !! Dengar Lagu Sekarang Bisa Dari Aplikasi Waze